Monday, October 18, 2010

Malam Final Pemilihan Puteri Indonesia 2010

Jakarta, 8 Oktober 2010 – Yayasan Puteri Indonesia (YPI) menggelar Malam Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) ke-15/2010 (8/10) bertempat di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, dan disiarkan secara langsung di Indosiar, pukul 20.00. Setelah melalui proses seleksi yang ketat dalam 10 hari masa karantina di the Ritz-Carlton Jakarta, hotel berbintang lima yang terletak di lokasi bisnis distrik kawasan mega kuningan, 38 finalis dari 33 propinsi akan segera mengetahui siapa yang berhasil menyandang gelar Puteri Indonesia 2010.

Seperti beberapa tahun sebelumnya, pemenang Pemilihan Puteri Indonesia berkesempatan membawa nama harum bangsa ke ajang Miss Universe Pageant 2011, ajang kecantikan berskala internasional yang menduduki urutan pertama terbaik dalam event sejenis. YPI juga memberikan peluang bagi Runner Up I Puteri Indonesia 2010 untuk berprestasi di ajang Miss International Pageant 2011. Beberapa gelar yang telah disiapkan YPI antara lain : Puteri Indonesia 2010, Puteri Indonesia Lingkungan 2010 (Runner Up I), Puteri Indonesia Pariwisata (Runner Up II), Puteri Indonesia Persahabatan, Puteri Indonesia Berbakat, Puteri Indonesia Intelegensia, Puteri Indonesia Favorit dan Puteri Indonesia Kepulauan Favorit (Sumatera, Jawa , Bali NTT NTB, Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia timur).

Sesuai dengan tema PPI tahun ini “Cintai Negeri Melalui Penggunaan dan Penghargaan Karya Anak Bangsa", malam puncak penobatan Puteri Indonesia 2010 akan dihiasi penampilan para finalis dengan karya desainer dalam negeri dipadukan koreografi arahan Rama Soeprapto selaku art director dan Ananta Kanapi sebagai penata gaya. Sajian yang disuguhkan kali ini mengangkat keindahan alam bawah laut Indonesia yang didukung dengan tata panggung dan permainan warna-warni koleksi desainer yang mendukung pagelaran ini.

Saat awal acara, 38 finalis tampil menggunakan dress karya Lenny Agustin yang berkesan ceria dengan warna dan bentuk desain menyerupai Air laut, Terumbu Karang, Ikan, dan Ganggang. Sebelum seleksi diperketat menjadi 10 besar, 38 finalis tampil elegan dan feminin dalam balutan gaun malam karya Albert Yanuar, Hian Tjen, dan Imelda Kartini. Saat wawancara 10 besar, keindahan  kain brokat Indonesia diolah secara cantik dan berkesan muda oleh INAV by Intan Avantie, sedang saat 5 besar sampai diumumkannya pemenang, finalis tampil dengan busana kebaya nasional karya Anne Avantie.
Keindahan busana finalis didukung dengan sepatu  dari Bellagio, aksesoris dari PLG & Jewels of Eden, serta tata rias wajah dari Mustika Ratu yang sekaligus mengambil momen ini untuk memperkenalkan Trend Warna 2011 Mustika Ratu “Paras Swarnanindya” (Cantik Keemasan yang Sempurna). Puteri Indonesia 2010 yang terpilih akan dinobatkan sebagai Brand Ambassador Trend Warna Mustika Ratu 2011 dalam rangka membantu mengkampanyekan produk dalam negeri.

Yang berbeda pada pemilihan tahun ini adalah Yayasan Puteri Indonesia bekerjasama dengan Yayasan WWF Indonesia untuk meningkatkan wawasan finalis mengenai lingkungan hidup dan ASITA (Association of The Indonesia Tour and Travel Agencies) untuk meningkatkan peran Puteri Indonesia Pariwisata 2010 sebagai duta yang akan secara terus menerus melakukan promosi pariwisata di lingkungan nasional maupun internasional.

Yayasan Puteri Indonesia juga bekerjasama dengan Komnas Pengendalian Tembakau di mana sebelumnya telah menunjuk Zukhriatul Hafizah (Puteri Indonesia Lingkungan 2009) sebagai Duta Anti Tembakau. Dalam pemilihan kali ini, Puteri Indonesia Lingkungan 2010 akan melanjutkan tugas sebagai Duta Anti Tembakau berikutnya, dan 32 finalis lainnya menjadi Duta Anti Tembakau di daerahnya masing-masing. Kerjasama serupa dilakukan bersama Badan Anti Narkotika Nasional dalam kurun waktu 5 tahun terakhir ini, di mana para finalis Puteri Indonesia 2010 akan menjalankan tugas sebagai Duta Anti Narkoba.

Melalui pemilihan ini, Yayasan Puteri Indonesia berharap dapat meningkatkan peran positif remaja puteri yang dapat dijadikan panutan bagi generasi muda dan masyarakat pada umumnya. Kepedulian ini turut diwujudkan oleh perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi sebagai sponsor acara ini, seperti yang diungkapkan oleh Ricky H.K. Too, President Director Proton Edar Indonesia, ”tahun ini adalah tahun pertama Proton mendukung Pemilihan Puteri Indonesia 2010.

Keterlibatan kami dalam acara ini merupakan salah satu komitmen kami dalam program tanggung jawab sosial perusahaan yaitu Proton ”Truly Caring” di mana kami tidak hanya membantu mereka yang kurang beruntung  di negara di mana kami beroperasi, namun juga mempromosikan kecantikan negara tersebut dari sisi budaya dan keberagaman masyarakatnya. Bagi Puteri Indonesia 2010, kami mempersembahkan Proton Exora President yang akan digunakan sebagai official car selama setahun bertugas, dan khusus untuk kendaraan ini memiliki sentuhan lokal dan bernilai artistik.” Pihak sponsor lainnya yang turut mendukung acara ini antara lain Mustika Ratu, Indosiar, Yamaha, Garuda Indonesia, Ritz Carlton Kuningan, Paseo, PLG, Nexian she, Hoyu, jewels of eden  Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Mooryati Soedibyo (LPPMS) dan Taman Sari Royal Heritage Spa.


Courtesy: Puteri Indonesia Website

0 comments:

Post a Comment