Wednesday, June 22, 2011

SBC Bertabur Ratu Kecantikan

Perhelatan Solo Batik Carnival (SBC) ke empat yang berlangsung Sabtu (25/6) mendatang dipastikan akan bertabur ratu kecantikan. Roro Jonggrang, Ratu Pantai Selatan, dan Ratu Kenconowungu bakal melenggang menyusuri Jalan Slamet Riyadi hingga Balaikota.

Dua putri jelita pemenang kontes Puteri Indonesia yakni, Alessandra Khadijah Usman dan Nadine Alexandra Dewi Ames didaulat untuk mengenakan kostum kebesaran sang legenda kecantikan itu. “Rencananya Putri Indonesia Pariwisata, Alessandra Khadijah Usman dan Puteri Indonesia 2010 Nadine Alexandra Dewi Ames juga akan memeriahkan pergelaran SBC kali ini,” papar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Purnomo Subagyo kepada awak media, Selasa (21/6).

Kedua puteri tersebut akan mengenakan kostum dari legenda Ratu Pantai Selatan. Rencananya mereka akan berada di atas kereta kencana yang dibuat menyerupai replika stupa candi. Menurut Purnomo, saat ini segala persiapan telah dilakukan mulai dari kostum, panggung, hingga keamanan. 

Khusus untuk penyelenggaraan SBC tahun ini akan berlangsung pada malam hari. Selain waktu pelaksanaannya yang berbeda, tata panggung pun akan dibuat lebih memesona. Rencananya, sebelum hari H pelaksanaan, masyarakat bisa menikmati lenggak-lenggok para kontestan pada Kamis (23/6) malam.  “Sebelum tampil pada Sabtu (25/6) malam, para peserta SBC akan melakukan geladi resik pada Kamis (23/6) malam. Dalam geladi resik ini akan diikuti oleh semua peserta dari empat legenda,” terang Heru Prasetya selaku pimpinan produksi SBC.

Bambang Besur, salah satu desainer kostum SBC, menambahkan, tepat di hari H, 500 orang penari bakal unjuk kebolehan. Penampilan mereka sekaligus untuk mengawali iring-iringan empat legenda yang diusung dalam Solo Batik Carnival kali ini yakni Roro Jonggrang, Ande-ande Lumut, Ratu Pantai Selatan, dan Ratu Kenconowungu.

Courtesy of Harian Joglo Semar

0 comments:

Post a Comment